Sign In

Remember Me

Damai Dunia Maya “Aceh 29 September 2015”

Damai Dunia Maya “Aceh 29 September 2015”

Banda Aceh – Bermula ditanggal 29 September 2015, hari dimana kami tidak mengira, hal ini terulang lagi, pengalaman berbagi ilmu yang selalu hadir dari dulu tanpa henti, kini berjumpa lagi dengan workshop teknologi yang kami nanti – nanti, tak kurun waktu terus menguji kami dan memperkuat silatuhrahmi kami dengan berbagai macam komunitas yang ada di indonesia ini, tentu dalam bidang penggiat IT dan berlokasi di Aceh dan tepatnya Di “Hotel Grand Nanggroe” Banda Aceh yang dihadiri oleh tamu penting dan masyarakat. Ya tentu kami tetap bersatu tanpa terpecah belah dan dipercayai sebagai salah satu komunitas terbesar yang ada di Aceh ini, yaitu “IBTeam Regional Aceh”. Berbangga hati melihat ramai  dan sapa indahnya melihat orang – orang yang belum kami kenal sebelumnya, membuat kami ingin menyapa, bahwa komunitas ialah suatu organisasi yang tidak bisa dianggap sebelah mata, tentu pada akhirnya kini sudah semakin jaya.
Dulunya banyak orang – orang yang berfikir bahwa komunitas itu merupakan tempat pelarian dan merupakan wadah yang tak berarrti, juga fatalnya ada yang berkata, bahwa komunitas itu hanya membuang waktu dan tong kosong nyaring bunyinya.
Oke kami menanggapi hal itu dengan positif, karena memang ada sebagian besar seperti itu, namun kami tegaskan kepada mereka, tidak untuk bidang teknologi, apalagi yang lebih menjurus ke komputer, tentu dulunya memang hal yang konyol kalau kita bicara soal komputer, karena waktu itu merupakan benda yang mahal untuk dimiliki. Singkat cerita, kita bisa memanfaatkan ilmu komputer itu, bisa bekerjasama dengan teman – teman yang memiliki komputer, guna membuat bangsa NKRI ini tetap maju baik segi Agama, Sandang Pangan maupun Teknologi.
Guna melengkapi dan mendukung kegiatan workshop ini, BNPT juga terlibat untuk memberikan wawasan kompetensi terhadap konten-konten negative yang telah beredar luas di dunia maya, dengan menyediakan 2 ( dua ) situs yaitu www.damailahIndonesiaku.com yang bersifat informative dan yang bersifat edukatif dan selain kedua situs tersebut BNPT juga membentuk sebuah portal damai yang dapat diakses melalui www.damai.id sebagai media penghubung antar komunitas dan kelompok masyarakat dalam membentuk jejaring damai di dunia maya dengan harapan melalui portal ini seluruh pengguna akan saling terhubung antara pengguna yang satu dan pengguna lainnya sehingga mampu menciptakan gerakan sinergis dan massive untuk mewujudkan dunia maya sebagai wadah yang sehat, damai dan mencerahkan. Melalui portal ini juga generasi muda diharapkan dan dituntut untuk menyalurkan ide dan kreatifitasnya dalam bentuk artikel karikatur maupun tulisan – tulisan yang edukatif dan interaktif, dalam rangka meramaikan dan memenuhi dunia maya dengan narasi dan pesan perdamaian, kecintaan terhadap NKRI, dan tentunya khusus pelurusan doktrin keagamaan dangkal yang seringkali disalahartikan dan dimanfaatkan oleh kelompok radikal teroris. www.jalandamai.org

bnpt di Aceh

Maka karena itu target dan sasaran yang ingin dicapai adalah, generasi muda melalui komunitas-komunitas kepemudaan, maka dalam mewujudkan sinergitas tersebut BNPT bekerjasama dengan dengan Komunitas Indonesian Backtrack Team (IBT) yaitu sebuah komunitas kepemudaan penggiat media online yang pertama kali mendukung program damai BNPT. IBTeam sebagai sebuah komunitas didirikan pertama kali oleh Zee Eichel pada tanggal 14 Februari 2011, dalam perjalanannya IBTeam telah berkembang menjadi sebuah forum yang besar dan memiliki anggota komunitas di hampir seluruh kota dan daerah yang ada di Indonesia ini, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia mengenai pentingnya keamanan dalam menggunakan jaringan komputer. Saat ini BNPT dan IBTeam bekerjasama dalam menyelenggarakan Workshop Program Damai untuk menggandeng berbagai komunitas kepemudaan yang ada di berbagai daerah agar bersama-sama mewujudkan perdamaian di dunia maya.
Nantinya workshop Program Damai Dunia Maya ini akan melibatkan 300 pemuda yang berasal dari belasan Universitas dan komunitas kepemudaan di kota Banda Aceh seperti Turun Tangan Aceh, Aceh Anti Korupsi, Komunitas KHAS, X-Rules, KAPAS,  BASKOM, Kajian Strategis Aceh, Stand Up Indo Aceh, IMPAS, Texas Family, Blogger Aceh, Aceh Blogger Community dan dari kampus-kampus seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadyah, Universitas Abuliyatama, dan berbagai kampus dan komunitas lainnya,  Juga turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BNPT Komjen Pol. Saut Usman Nasution, Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Bapak Mayjend TNI Agus Surya Bakti. Workshop yang digelar selama sehari ini bertujuan untuk memperkenalkan perspektif jurnalisme. bahwa damai sebagai suatu wawasan bagi peserta dalam penulisan konten damai di dunia maya dan penggunaan internet secara positif. Selain itu, hal terpenting dalam workshop ini adalah untuk membangun sinergitas dengan generasi muda untuk menyemarakkan dunia maya dengan berbagai konten damai, anti kekerasan, anti radikalisme dan terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemarin dan kini, kita tidak bisa membantah lagi, bahwa teknologi komputer itu mahal adanya, lihatlah sekarang, betapa mudahnya mendapatkan benda itu, ditambah ukurannya semakin mudah di genggam, dan bisa dibawa kemana saja atau dikenal dengan smartphone. Menjadikan manusia bergantung total sama teknologi.

Semakin berkembangnya teknologi ini, tentu dibidang paling pesat ialah penggiat IT Komputer, membuat semua aktifitas manusia bermanja dengan teknologi komputer, dan dari sinilah pembentukkan komunitas IT itu bermula, dimana pemikiran orang – orang yang cerdas dalam bergelut dibidang IT ingin membagikan ilmu mereka dan pemahaman mereka dalam komputer kepada masyarakat.

Kini kita bersatu dan bertepat pada satu ruangan yang sama, dimana perbedaan itu hampir tidak ada sama sekali, membungkam rasa iri dan kebencian hati atas rasa persaingan komunitas, yang dapat membuat kita merasa terpecah belah, tapi hal yang sehat ialah bersaing dalam tidak menjatuhkan antar komunitas, melainkan membagikan rasa pola pikir kita dan pengalaman kita semua, agar lebih ditingkatkan lagi ilmunya.
Walau hanya beberapa hari kita bertemu dan berkumpul di lapak itu, namun kenangan kita tetap melekat sepanjang masa.

Terimakasih Banyak Ya Allah telah mempertemukan kami semua, sehingga melekatnya rasa perkenalan dan persaudaraan itu, sehingga kami semakin tau, bahwasannya manusia itu tidak ada perbedaannya.
Terimakasih Banyak juga buat Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) atas Kepercayaan telah memilih IBTeam, sebagai salah satu komunitas IT yang dapat bekerjasama dengan kalian.
Semoga ilmu yang telah kita dapat dan bagikan ini, dapat berguna baik di hari ini, maupun dimasa yang akan datang, percayalah, bahwa terrorisme dan segala bentuk kejahatan dapat kita berantas bersama, karena dengan bersama, maka kita mampu mewujudkan perdamaian ini.  Amin.

id
By